Kamis, 20 April 2017

Memilih Perguruan Tinggi

Ketika anda menduduki kelas XII dari Sekolah Tingkat Atas (SMA / MA / SMK / Sederajat), maka anda mulai berpikir "ingin melanjutkan kuliah dimana?". Pada saat itu anda merasa bingung untuk memilih Perguruan Tinggi dan mungkin pada saat itu anda belum mengetahui daftar Perguruan Tinggi terfavorit dan jalur apa saja yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa untuk masuk ke Perguruan Tinggi tersebut.

Sebelumnya pahami terlebih dahulu tentang apa itu perguruan tinggi.
Perguruan Tinggi adalah adalah satuan pendidikan menyelenggarakan pendidikan tinggi. Peserta didik di Perguruan Tinggi disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidik di Perguruan Tinggi disebut Dosen.

Menurut Dikti, Perguruan Tinggi di Indonesia terdiri dari beberapa bentuk yaitu Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, Akademi, dan Akademi Komunitas. Berikut penjelasannya :

  • Universitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jika memenuhi syarat, universitas dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Institut merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, institut dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Politeknik merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jika memenuhi syarat, politeknik dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Akademi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu
  • Akademi Komunitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan/atau diploma dua dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu yang berbasis keunggulan lokal atau untuk memenuhi kebutuhan khusus.
Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi. Program-program pendidikan di Perguruan Tinggi dapat berupa : Diploma (D1, D2, D3, D4), Sarjana (S1), Magister (S2), Doktor (S3), dan Spesialis.

Menurut jenisnya, Perguruan Tinggi dibagi menjadi dua :
  1. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah.
  2. Perguruan Tinggi Swasta (PTS) adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pihak swasta.
Berdasarkan uraian di atas, anda harus mendapatkan gambaran awal tentang Perguruan Tinggi jenis apa, bentuk apa, serta program apa yang akan anda pilih nanti ketika anda melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.
Dengan demikian, secara jelas anda dapat menyatakan : "setelah lulus dari sekolah (SMA / MA / SMK / sederajat), saya akan kuliah di kampus (PTN / PTS) dengan program (Diploma / Sarjana / atau lainnya). Silahkan anda menuliskan keinginan anda tersebut pada sebuah kertas dan simpan baik-baik. Semoga dengan ini anda dapat termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi pilihan anda.
PTN membuka berbagai alternatif dari sisi pendaftarannya : SNMPTN, SBMPTN, SPMB, Jalur Mandiri, jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN bukan hanya jalur seleksi masuk UIN, tetapi jalur masuk IAIN, dan STAIN juga.

Bagi anda yang tidak bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masuk melalui jalur-jalur yang dibuka oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri, maka anda bisa kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS).
PTS juga membuka jalur mandiri sebagai salah satu jalur penerimaan calon mahasiswa baru. Biasanya PTS membuka jalur mandiri dalam beberapa gelombang. Tujuannya adalah untuk memberi kesempatan kepada calon mahasiswa yang tidak lulus gelombang sebelumnya untuk mengikuti gelombang yang masih dibuka. Untuk lebih jelas, silahkan kunjungi website masing-masing PTS.


Sekarang silahkan tentukan pilihan anda, karena segalanya ada pada hasil keputusan anda. 
Dan tidak lupa berdoa, agar apa yang anda pilih bermanfaat bagi diri dan orang lain serta ilmu yang nanti di dapat adalah ilmu yang barokah.

Teknologi

ScreenShoot Sule Detektif Tokek (2013) DVDRip 480p 350MB

 
Copyright © 2013 Ketik Coret Ketik
Distributed By Free Blogger Templates | Design by FBTemplates | BTT