Selasa, 29 April 2014

Mencegah virus masuk flash disk

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.

Mencegah virus masuk komputer bisa kita lakukan dengan menginstall anti virus, tapi gimana mencegah virus masuk flashdisk kita?. Pada dasarnya anti virus itu butuh otak untuk bisa bekerja. Komputer memiliki sistem operasi sebagai tempat anti virus terinstall dan bekerja. Sementara flashdisk hanya merupakan media penyimpanan, tidak memiliki processor, tidak memiliki sistem operasi, sehingga flashdisk hanya bersifat pasif dan dapat dengan mudah terinfeksi virus.

terkadang ketika flashdisk yang memiliki smart flashdisk tertentu tertancap pada komputer yang penuh virus, virus lebih dahulu masuk flashdisk dibanding anti virus flashdisk bekerja. Walhasil flashdisk tetep aja kemasukan virus.
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan pencegahan terhadap virus, dapat dilakukan dengan melakukan proteksi terhadap flashdisk. Write protect mencegah adanya transfer data apapun, termasuk virus, ke dalam flashdisk. Jadi kita tidak bisa melakukan copy file dari komputer ke flashdisk, tapi jika copy data dari flashdisk ke komputer bisa. Teknik write protect dilakukan misal jika kita hanya ingin membagi file dalam flashdisk kita ke dalam komputer orang, tapi kita engga/kurang percaya apakah komputer itu bebas virus atau penuh virus. Nah biar flashdisk kita tidak kemasukan virus, kita lakukan teknik write protect.

Ada beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan:
  1. Membeli dan menggunakan flashdisk yang memiliki switch write protect
  2. Menggunakan software write protect
Ada beberapa software write protect yang mudah-mudaan dapat termanfaatkan
- Thumb Screw : download
- Software USB write protect: download
  

 Selamat Mencoba

Sumber Informasi :
http://subhishine.freehostia.com.
http://www.wikipedia.org
http://www.log.viva.co.id

Teknologi

ScreenShoot Sule Detektif Tokek (2013) DVDRip 480p 350MB

 
Copyright © 2013 Ketik Coret Ketik
Distributed By Free Blogger Templates | Design by FBTemplates | BTT